Senin, 16 Januari 2017

KONSEP TEKNOLOGI, Pengantar Teknik Informatika

http://labkominfo.blogspot.co.id/

1.      PENGERTIAN TEKNOLOGI
1.1. Istilah Teknologi
1.2. Teknologi Sebagai Produk/Hasil Buatan
1.3. Teknologi Sebagai Proses
1.4. Teknologi Sebagai Pengetahuan
1.5. Teknologi Sebagai Sistem
1.6. Komponen Teknologi

jangan lupa kunjungi Chanel Saya dan like vidionya.

1.1. Istilah Teknologi

Berasal dari bahasa Yunani  (Greek) yaitu : techne berarti seni kerajinan.
Logia berarti kata yang berhubungan dengan study.
Kata techne semula merupakan seni yang bersangkut paut  dengan tukang kayu. à pekerjaan tukang.
Techne à Technikos yang berarti seseorang yang memiliki suatu keterampilan tertentu.
Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukkan pola, langkah dan metode yang pasti, keterampilan ini lalu menjadi teknik.

1.2. Teknologi Sebagai Produk/Hasil Buatan

Pada zaman kuno, yang tidak diketahui masanya, perahu tidak disebut teknologi. Karena pengertian teknologi merupakan hasil zaman modern. Kata teknologi barulah muncul sekitar tahun 1777 awal zaman modern.
Secara histories, bisa direnungkan alasan manusia membuat produk (barang) seperti ; pisau, kapak, palu, perahu dll.
Jawaban yang paling wajar ialah karena manusia merupakan
makhluk dengan fisik yang lemah.
Manusia tidak bisa ; lari secepat kuda, terbang seperti burung, berenang lama seperti ikan, memindahkan barang berat seperti gajah, mampu berburu binatang seperti harimau. berayun-ayun bagaikan monyet.
Manusia berusaha membuat alat-alat untuk mengatasi keterbatasannya.
Kapak untuk membantu tangan membelah kayu, tombak atau panah untuk berburu dan mempertahankan diri melawan binatang. Dibuat pengungkit untuk memindahkan barang, dll.
Perkembangan teknologi merupakan bagian dari perkembangan budaya yang bersifat kebendaan. Perkembangan teknologi disebabkan, usaha manusia untuk:
            - menangani keterbatasan fisik
            - bertahan hidup
            - memudahkan aktifitas
            - meningkatkan kualitas hidup
Contoh Perkembangan Teknologi
Teknologi Energi/Tenaga
            Periode kebudayaan manusia prasejarah dimulai jaman batu tua (peralatan bantu; batu).
            Kemudian, jaman batu baru dengan alat potong yang ditajamkan di sisi potongnya.
            Selanjutnya jaman besi, tembaga & kuningan, dimana manusia telah menemukan pengolahan dan pembuatan peralatan/barang dari logam.
            Tenaga penggerak utama adalah otot manusia, kemudian tenaga hewan selanjutnya memanfaatkan roda.
Abad XVII, timbul Revolusi Industri, dengan penemuan mesin uap, James Watt (1765) berbahan bakar; kayu à Batubara à Minyak Bumi à Gas Alam
Perkembangan teknologi ketenagaan hingga pemakaian tenaga listrik, motor bakar dan mesin jet memakan waktu kurang dari 100 tahun
Selanjutnya teknologi pemanfaatan energi atom berkembang pesat dengan tenaga nuklir (PLTN).
Teknologi Peluncur
Manusia berusaha membuat teknologi sebagai alat pertahanan dan perlindungan, juga mengarah pada teknologi untuk menghancurkan musuh.
Teknologi ini dimulai:
            Melempar batu/tombak      à ketapel/panah
            à Meriam     à Roket         à Artileri pantai
            à Zeppelin   à Pesawat berbaling
            à Jet tempur            à
Teknologi Mikroelektronika
            Komponen kecil elektronika ini memimpin revolusi teknologi tinggi & berperan penting di dunia industri
Teknologi ini dimulai:
            à Transistor (1948)
            à Dioda                                à IC (rangkaian terpadu)
            à Komputer I                      à Kalkulator Listrik
            à Komputer IC                    à IC dengan 1400 elemen
            à Mikroprosessor   à Nanoprosessor
Perkembangan IC ultra cepat:
            à Elemen Josephson à IC optik
            à IC 3 dimensi         à Biochip
Perkembangan Teknologi lain:
ý  Audio-Video, Komputer, Robot, Telekomunikasi, Transportasi
Perkembangan Teknologi lain:
ý  Audio-Video, Komputer, Robot, Telekomunikasi, Transportasi

1.3. Teknologi Sebagai Proses

            Teknologi sebagai produk buatan oleh Ledislav Tondl dibedakan menjadi tiga, yang sekaligus menunjukkan perkembangan histories yang berlainan, yaitu: ALAT, MESIN, AUTOMATON.
}  ALAT
            Alat bergerak berdasarkan tenaga otot manusia. Manusialah yang mengendalikan alat, dengan demikian manusia jugalah yang menjadi sumber informasi. Contohnya ; kapak, palu, pengungkit, gunting, pisau dll.
}  Mesin
            Mesin adalah suatu sistem peralatan yang tidak menggunakan tenaga manusia, melainkan sumber-sumber tenaga diluar manusia, seperti tenaga angin, hewan atau arus air. Mesin yang lebih maju menggunakan tenaga yang merupakan perubahan bentuk dari sesuatu sumber daya alam (SDA), misalnya tenaga uap, tenaga listrik, tenaga mekanik dari motor atau tenaga beterai. Mesin masih memerlukan manusia untuk mengendalikannya. Jadi manusia masih tetap merupakan sumber informasi walaupun tidak lagi menjadi sumber tenaga.
}  Automaton
            Outomaton berarti perlengkapan otomatis yang dapat berjalan dan mengatur sendiri. Outomaton ialah perlengkapan teknologi yang paling tinggi ragamnya dan paling  canggih. Perlengkapan ini berdasarkan asas sibernetika yang mampu menggantikan fungsi pengendalian manusiawi, mampu membuat keputusan dan mengatur sendiri.
            Contohnya lemari es yang menggunakan fuzzy logic, jika lemari es ini sering dibuka menyebabkan udara dinginnya kurang dari acuan tertentu, maka secara otomatis mesin pendinginnya akan bekerja untuk mencapai batas acuan kedinginannya.
Automaton bekerja dengan proses otomatis yang meniadakan manusia sebagai sumber informasi untuk mengendalikannya.
Produk buatan hanyalah suatu hasil akhir dari suatu proses atau rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya. Dengan demikian pengertian teknologi harus menjelaskan kegiatan apa atau bagaimana (proses) yang terjadi sehingga menghasilkan produk buatan tersebut. Hal inilah yang mendasari pengertian teknologi sebagai proses.
Sebagai contoh, jika produk yang dibuat adalah kursi, maka kegiatan yang dilakukan berupa meratakan, memotong, merakit, mengamplas dan mengecet kayu.
Aktivitas manusia dalam proses inilah yang disebut sebagai teknologi.
            Aktivitas manusia yang termasuk pengertian teknologi ini pada pokoknya dibedakan menjadi dua, yaitu; aktivitas merancang/membuat, dan menggunakan.
            Ciri lain pengertian teknilogi sebagai proses/aktivitas manusia ialah aktivitas yang efisien dan bertujuan.
            Efisien adalah suatu konsep yang menunjukkan perbandingan terbaik antara kerja (input) dan hasilnya (output).
            Kegiatan yang bertujuan mengandung arti untuk memenuhi kebutuhan kebendaan.
            Pembahasan mendalam terhadap pengertian kegiatan yang demikian menghasilkan gambaran tentang adanya cara, langkah, metode, prosedur. Ini semua sering diberi istilah ‘teknik’.
Teknik merupakan perpaduan cara dan langkah tepat yang terpolakan secara baik untuk melakukan suatu kegiatan.


1.4. Teknologi Sebagai Pengetahuan
Teknologi sebagai Produk Buatan, Proses, diperoleh melalui Pengetahuan.
Pengetahuan ini harus dipelajari oleh manusia baik dari pengalaman sendiri maupun dari sumber lain untuk dapat melakukan kegiatan yang merupakan teknologi.
Sebuah pembagian tentang ragam pengetahuan yang merupakan teknologi dibuat oleh Mario Bunge, yaitu:
v  Keterampilan gerak indrawi yang tak disadari
v  Aturan-aturan yang berdasarkan pengalaman praktek
v  Pernyataan-pernyataan aturan pragmatis
v  Teori-teori teknologis

1.5. Teknologi Sebagai Sistem

Pembahasan yang lengkap (bulat dan utuh) akan tercapai kalau teknologi ditinjau sebagai sistem. Ini berarti teknologi hendaknya dibahas sebagai kebulatan unsur-unsur yang saling terkait dan bertalian timbal-balik dengan lingkungan sekelilingnya.
Seorang ahli Amerika Robert Merrill menyatakan teknologi merupakan suatu himpunan fleksibel keterampilan, pengetahuan, dan metode untuk mencapai hasil yang diinginkan dan menghindari kegagalan dalam keadaan yang berubah-ubah.
Secara umum dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan praktis yang telah ditentukan. Namun teknologi tidaklah bersangkut paut dengan sekedar menentukan sesuatu cara begitu saja, melainkan suatu cara membuat dan menggunakan sesuatu secara rasional, tertib langkah demi langkah, benar-benar mencapai sasaran. Jadi teknologi bersangkut paut dengan teknik untuk mencapai sesuatu tujuan dengan cara yang efisien.

1.6. Komponen Teknologi

Dalam bidang rekayasa, khususnya teknik industri, hal terpenting ialah pengertian teknologi dalam aktivitas transformasi dari input menjadi output. Dalam lingkup ini teknologi dapat dipandang sebagai kombinasi dari empat komponen dasar, yaitu;
}  technoware
            Peralatan dan Fasilitas produksi, yang berhubungan dengan teknologi berwujud obyek. Technoware mencakup semua fasilitas fisik yang diperlukan untuk operasi transformasi seperti instrumen, peralatan, mesin, dan pabrik.
}  Humanware
            Keterampilan dan Pengalaman Produksi, berhubungan dengan teknologi berwujud manusia. Humanware mencakup semua keterampilan yang diperlukan untuk operasi transformasi, seperti; keahlian, kreativitas, daya tahan, dan kerajinan
}  Infoware
            Fakta dan Informasi Produksi, mengacu pada teknologi yang berwujud dalam dokumen. Infoware mencakup semua fakta dan gambar yang terakumulasi dan diperlukan untuk operasi transformasi seperti disain, spesifikasi, observasi, relasi, persamaan, peta, teori.

}  Orgaware
            Pengaturan dan Linkage Produksi, mengacu pada teknologi yang berwujud dalam institusi . Orgaware mencakup semua pengaturan yang diperlukan untuk operasi transformasi seperti, pengelompokkan, alokasi, sistematisasi, organisasi dan jaringan.
Technoware memperbesar daya otot dan daya pikiran manusia. Humanware menciptakan, mengoperasikan dan merawat semua aktivitas transformasi. Infoware menyimpan pengetahuan terakumulasi dari individu dalam proses belajar dan bekerja. Orgaware membantu merencanakan, mengorganisir, mengaktifkan, memotivasi dan mengontrol operasi transformasi.

Aspek TEKNIS
Pengetahuan, Keterampilan & Teknik,
Peralatan, Mesin,
Bahan Kimia,
Barang Kebutuhan,
Sumber Daya,
Produk & Limbah, dst

Aspek ORGANISASI
Aktivitas Ekonomi & Industri,
Aktifitas Profesional, Pengguna & Konsumen, Perusahaan Dagang,
dst

Aspek BUDAYA
Sasaran Nilai &
Kode Etik,
Keyakinan Akan Maju,

Kreatifitas, dst
(ERWIN WIRAISMAYADI, ST)

5 komentar:

Mister Geprek Mochi mengguncang Pasar Geprek Bensu area Cengkareng Jakarta Barat

Jakarta-Mister Geprek Mochi mengguncang Pasar Geprek Bensu area Cengkareng Jakarta Barat. Mister Geprek Mochi merupakan warung atau cafe yan...