Minggu, 15 Januari 2017

Cara Mengunci Dokumen Excel Agar Tidak Bisa Dicopy

http://labkominfo.blogspot.co.id/

Berikut langkah-langkahnya :
Pertama : Buka program/aplikasi MS Excel 2007 (Bagi pengguna MS Excel 2010 mungkin tidak jau berbeda).
Kedua : Klik pada menu “Review“, selanjutnya klik pada tulisan “Protect Sheet” pada sub menu “Changes“, seperti gambar berikut :

Kunjungi SKBB Drama Singkat , dan jangan lupa di subscribe.

Ketiga : Selanjutnya akan tampil kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan password, seperti gambar berikut. Masukkan password selanjutnya Enter atau klik “OK” untuk melanjutkan. (usahakan pasword bisa diingat). Anda tidak perlu mencentang pilihan-pilihan yang ada dalam kotak. Contoh jika Anda mencentang di tulisan “Insert Columns” berarti nantinya sheet yang Anda protect tersebut masih bisa diutak-atik dengan menambahkan beberapa kolom walaupun sudah tidak bisa menambahkan text. Jadi sebaiknya cukup 2 point aja yg sudah tercentang secara otomatis.
















Keempat : Selanjutnya akan tampil kotak dialog berikutnya seperti gambar dibawah. Masukkan kembali password yang sudah Anda masukkan sebelumnya dan tekan Enter atau Klik “OK” untuk melanjutkan.










Selamat Anda sudah berhasil mengunci dokumen MS Excel dan orang lain atau bahkan Anda sendiri tidak akan bisa mengcopy ataupun mengeditnya kecuali Anda harus membukanya kembali.
Jika ada yang mencoba menambahkan text, mengcopy atau mengedit akan muncul peringatan seperti gambar berikut :

Nah, sekalian nih saya jelaskan bagaimana agar dokumen yang sudah diprotect tadi bisa dibuka kembali. Langkah-langkahnya seperti berikut :
1. Masih pada menu “Review“, silahkan klik pada tulisan “Unprotect Sheet” yang ada pada sub menu “Change” seperti gambar berikut :

2. Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti gambar berikut. Masukkan pasword yang sebelumnya Anda gunakan untuk memprotect. Jika Anda lupa, Anda akan sulit membukanya.

3. Selamat, sheet pada MS Excel yang sebelumnya terprotect sudah bisa Anda edit kembali.

Sampai disini dulu tulisan saya kali ini mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya. 

7 komentar:

Mister Geprek Mochi mengguncang Pasar Geprek Bensu area Cengkareng Jakarta Barat

Jakarta-Mister Geprek Mochi mengguncang Pasar Geprek Bensu area Cengkareng Jakarta Barat. Mister Geprek Mochi merupakan warung atau cafe yan...